EkonomiHeadLine

Ini Dia Trik Agar Kuota Internet Anda Hemat

Ditengah pandemi virus corona yang melanda di seluruh dunia, masyarakat di himbau agar tak keluar rumah dan salah satunya lakukan kerja dari rumah.

Dengan adanya work from home masyarakat diharuskan untuk memiliki kuota internet dan kecepatannya yang memadai, berikut tips agar internet anda hemat.

1. Identifikasi aplikasi yang menyedot banyak kuota

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengidentifikasi aplikasi yang menyedot banyak kuota data internet. Secara umum bisa di cek di menu Setting>Data Usage dan temukan daftar aplikasi yang sekiranya memakan banyak kuota. Kalau sudah ketemu kamu bisa menghentikan penggunaan data background atau latar belakang pada aplikasi yang tidak atau jarang dipakai agar tidak menyedot kuota.

2. Non aktifkan sinkronisasi yang tidak diinginkan

Selain menonaktifkan aplikasi yang tidak perlu, kamu juga bisa menghemat kuota data dengan menonaktifkan akun yang memiliki opsi sinkronisasi dan tidak kamu pakai secara berkala. Untuk memulainya, kamu bisa masuk ke menu Settings > Accounts > pilih akun yang tidak ingin kamu sinkronisasikan.2 dari 2 halaman

3. Batasi update aplikasi

Secara berkala aplikasi-aplikasi dalam smartphone membutuhkan update atau pembaharuan. Di antara aplikasi tersebut terkadang memakan kuota yang sangat besar sehingga membuat boros kuota. Kalau aplikasi itu penting bagi kamu tentu update diperlukan, jika tidak kamu bisa tunda dulu sampai memiliki kuota yang lebih besar atau terhubung dengan wifi.

4. Batasi penggunaan data dan aktifkan peringatan

Selain membatasi penggunaan data background kamu juga bisa memanfaatkan fitur data usage warning dan limit system yang ada di tiap smartphone. Fitur ini untuk memberikan kamu peringatan saat pemakaian data kamu sudah melampaui batas yang ditentukan oleh kamu sendiri. Untuk menggunakannya kamu bisa coba masuk ke menu Settings > Data usage > Cellular data > Set Cellular data limit. Tap untuk mengaktifkannya.

5. Pilih Paket Internet Yang Hemat

Pilihan paket internet atau data yang besar turut mempengaruhi kemampuan kamu untuk tetap online dan aktif berselancar.

Nah selama anda masih #Dirumahaja, maka kuota internet anda akan hemat dan tidak akan boros pemakaiannya.

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker