Politik

Pilkada 2020, PDI Perjuangan Dan Gerindra Resmi Berkoalisi

Menghadapi Pilkada 2020 yang diselenggarakan bulan desember, PDI Perjuangan dan Gerindra siap Berkoalisi.

“Ya sudah pasti,” ujar Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI-P Syukur Nababan pada Kamis (7/5/2020) di Depok, Jawa Barat. Koalisi sudah ditetapkan beserta nama masing-masing kader yang diusung sebagai calon wali kota dan wakil wali kota Depok, yakni Pradi Supriatna mendapat jatah calon wali kota dan Afifah Aliyah sebagai calon wakilnya.

Pradi merupakan kader Gerindra yang saat ini duduk di kursi Wakil Wali Kota Depok sejak 2016 lalu, mendampingi Mohammad Idris yeng merupakan kalangan nonpartai usungan PKS.

Sementara itu, nama Afifah Aliyah sudah berproses lewat berbagai mekanisme dari tingkat terbawah, yakni sejak tingkat Dewan Pimpinan Cabang (DPC), Daerah (DPD), hingga DPP PDI-P.

“DPP PDI-P melalui rapat pleno dan disetujui oleh Ibu Ketua Umum (Megawati Soekarnoputri), untuk Pilkada Depok 2020 kami sudah memutuskan, calon wali kota adalah Bapak Pradi dan kader kami, Ibu Afifah sebagai calon wakil wali kota Depok,” ungkap Syukur kepada wartawan.

Syukur pun menambahkan pihaknya sudah mendapatkan rekomendasi dari Ketua Umum PDI Perjuangan.

“Rekomendasinya sudah, tinggal kertasnya (dokumen resmi) saja. Tetapi mekanisme di kami kan melalui rapat pleno DPP, sudah diputuskan untuk Pilkada Depok,” ia menambahkan.

Syukur mengklaim, keduanya punya “kesamaan ideologi” sehingga dipasangkan sebagai bakal calon penguasa Depok 2021-2026 kelak. Secara hitung-hitungan politik, Gerindra dan PDI-P berkoalisi di Depok sebagai 2 partai dengan jumlah kursi terbanyak di parlemen, dengan masing-masing 10 kursi.

Gerindra berhak atas kursi calon wali kota karena perolehan suara di parlemen lebih tinggi daripada PDI-P kendati jumlah kursinya sama.

Partai dengan perolehan kursi terbanyak di parlemen Depok masih dipegang oleh PKS saat ini dengan 12 kursi.

Koalisi PDI Perjuangan dengan Gerindra ini sudah diyakinkan akan menjadi penantang serius untuk PKS yang selama ini berkuasa dalam 3 periode kebelakang.

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker