Daerah

Zona Merah COVID-19 Di Jawa Timur

Nasionalberita.com – Jawa Timur memiliki wilayah terluas di antara 6 provinsi di Pulau Jawa, dan memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua di Indonesia setelah Jawa Barat.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan, tersisa enam daerah yang menyandang status zona merah atau risiko tinggi penyebaran Covid-19 pada Kamis (16/7/2020). Daerah zona merah itu adalah Kota Surabaya, Kabupaten Gresik, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Mojokerto, Kota Mojokerto, dan Kabupaten Bojonegoro “Alhamdulillah sekarang yang zona merah tinggal enam daerah,” kata Khofifah usai peresmian Pusat Pelayanan, Pendidikan, dan Riset Penyakit Menular RSU dr Soetomo, Surabaya, Jumat (17/7/2020).

Pemprov Jatim, kata dia, telah berupaya untuk mempercepat penanganan kasus Covid-19. Ia berharap, upaya itu memberikan hasil yang lebih baik. “Daerah dengan zona merah cepat menjadi orange, yang orange cepat berubah menjadi kuning, dan yang kuning menjadi daerah zona hijau,” kata Khofifah.

Meski kasus Covid-19 di Jawa Timur mulai membaik, Khofifah meminta masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan. Kedisiplinan masyarakat, kata dia, merupakan upaya pencegahan paling ampuh sebelum vaksin Covid-19 ditemukan. “Pakai masker, jaga jarak, dan mencuci tangan dengan air mengalir masih wajib dijaga,” ujar Khofifah. Berdasarkan laman Jatim Tanggap Covid-19, sebagian besar daerah di Jawa Timur menyandang status orange atau berisiko sedang penyebaran Covid-19. Total 29 daerah yang menyandang status zona orange.

Terdapat tiga daerah yang menyandang status zona kuning, yakni Bondowoso, Banyuwangi, dan Madiun. Sebanyak 17.549 kasus positif Covid-19 tercatat di Jawa Timur hingga Kamis (16/7/2020). Rinciannya, 8.310 pasien sembuh, 1.352 meninggal, dan 7.981 pasien sembuh.

Sementara jumlah kasus positif Covid-19 di enam zona merah Covid-19 di Jatim adalah, Surabaya sebanyak 7.431 kasus, Sidoarjo sebanyak 2.565 kasus, dan Gresik sebanyak 1.322 kasus. Lalu, Kabupaten Mojokerto sebanyak 348 kasus, Bojonegoro sebanyak 217 kasus, dan Kota Mojokerto sebanyak 160 kasus.

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker